Daftar Tempat Wisata di Kota Pematangsiantar Terlengkap

Kota Pematangsiantar sering disingkat Siantar adalah salah satu Kota di Provinsi Sumatera Utara. Letaknya cukup strategis, karena dilintasi oleh Jl Raya Lintas Sumatera. Selain memiliki kekayaan adat dan budaya yang memesona, Kota ini juga menawarkan tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, Berikut 14 Diantaranya :

  1. Taman Bunga (Lapangan Merdeka)
Photo by : zubeirray

Di Kota Pematangsiantar ada beberapa taman yang ramai dikunjungi oleh warga, salah satunya adalah Taman Bunga atau disebut juga Lapangan Merdeka. Tempat ini ramai dikunjungi baik untuk Jogging di pagi dan sore hari, tempat nongkrong dan ngumpul bersama sahabat, keluarga, atau pasangan karena di sekeliling Taman ini banyak orang jualan ataupun Cafe, atau sekedar berfoto ria di Tugu Becak Siantar, dan banyak juga yang naik kuda dan odong-odong untuk mengelilingi kota. Di seberang taman bunga ada juga Lapangan Adam Malik yang ramai juga dikunjungi warga sekitar. Lapangan ini biasanya digunakan  sebagai tempat untuk membuat acara – acara besar, seperti : Upacara di hari besar, Ulang tahun Kota, Konser,Festival budaya, dan acara besar lainnya. Tidak jauh dari taman bunga dan Lapangan Adam Malik, ada juga namanya Taman Beo. Taman ini juga sering dikunjungi Warga sekitar untuk ngumpul atau hanya sekedar berselfie ria. Taman Bunga atau Lapangan Merdeka merupakan salah satu pusat keramaian di Kota Siantar, beralamat di Jl Proklamasi, Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara 21144.

2. Pemandian Pulo Batu

Photo by : zubeirray

Pemandian Pulo Batu biasa disingkat Pemandian Pulbat, cukup dekat dari pusat Kota Pematangsiantar hanya sekitar kurang lebih 10 menit kalau mengendarai sepeda motor. Ber-alamat di Jl Sibatu batu, Bah Sorma, Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara 21139. Tidak ada tiket masuk ke pemandian ini, cukup bayar uang parkir saja Rp 2.000 jika membawa sepeda motor. Pemandian ini airnya jernih dan segar banget.

3. Patung Dewi Kwan Im

@zubeirray

Patung Dewi Kwan Im berada di halaman Vihara Avalokitesvara yang beralamat di Jl Pusuk Buhit, Karo, Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara 21131, hanya kurang lebih 5 menit perjalanan dari pusat kota. Patung Dewi Kwan Im memiliki ketinggian 22,8 meter. Sehari-harinya, Vihara ini digunakan oleh masyarakat Tionghoa Siantar untuk beribadah.

4. Taman Hewan Pematangsiantar

Photo by : siantarzoo_new

Taman Hewan Pematangsiantar juga salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di kota Pematangsiantar. Selain bisa melihat hewan secara langsung, di sini juga ada taman dan kolam tempat bersantai dari hiruk pikuk hati, hahaa. Bagi pasangan yang membawa anak juga disini ada disediakan kolam pemandian anak. Seru bukan?…

Taman Hewan ini beralamat di Jl Kapten Sitorus No. 10, Proklamasi, Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara 21144. Tiket masuk untuk umum Rp 30.000 dan untuk rombongan pelajar Rp 20.000. Sebagai tambahan informasi, di taman hewan ini juga ada Museum Zoologi  dengan tiket masuk Rp 10.000. Disini kamu bisa melihat beragam hewan yang diawetkan.

5. Martoba Water Park

Photo by : @lubissridevi

Martoba Waterpark berada di Komplek Perumahan Besatu Maju, Jl Pendeta J Wismar saragih, Tanjung Pinggir, Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara 21143. Fasilitas Martoba Water Park cukup memadai dan untuk biaya tiket masuk Rp 10.000.

6. Museum Simalungun

Photo by : @valentina.sijabat

Museum Simalungun terletak di Jl Sudirman No 20, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Didirikan pertama kali pada Tahun 1939, Museum Simalungun meyimpan banyak peningglan sejarah yang berhubungan dengan kebudayaan Simalungun. Di tempat ini Anda dapat melihat berbagai macam koleksi entografi dan arkeologi yang mayoritasnya berasal dari peninggalan Kerajaan Simalungun.  Salah satu bagian paling menarik yang ada di museum ini adalah rumah adat Simalungun. Di hari normal, Museum ini buka dari mulai hari Senin – Sabtu pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore dengan biaya tiket masuk gratis. (Sumber : tempatwisataseru.com)

7. Hotel Sapadia

Photo by : @elsa.susanti

Bagi Kamu yang ingin menghilangkan kegundahan hati dengan berenang, bisa juga nyoba berkunjung ke hotel Sapadia Pematangsiantar. Cukup membayar Rp 15.000 kamu sudah bisa berenang sepuasnya dan mendapatkan fasilitas satu piring nasi goreng + satu gelas jus jeruk. Selain berenang, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang adem dan udara yang sejuk dari ketinggian gedung hotel ini.

8. Siantar Square

A photo by google : Aman Sang Pohan

Alamat : Jl. Vihara No.46, Simalungun, Kec. Siantar Sel., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Siantar Square merupakan salah satu tempat nongkrong favorit di Kota Pematangsiantar. Banyak pedagang yang berjualan aneka Seafood, Nasi goreng kambing, Mie gomak, martabak, juga berbagai macam minuman. Tempat ini ramai saat sore hingga malam hari.

9. Pasar Horas

A photo by google : Helvry Sinaga

Alamat : Jl. Thamrin No.6c, Dwikora, Kec. Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Pasar Horas merupakan pasar terbesar di Kota Pematangsiantar.

10. Taman Beo

A photo by Ig : @ekosanjaya_26

Alamat : Jl. Sisingamangaraja, Setia Negara, Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Tempat ini ramai dikunjungi oleh warga sekitar untuk duduk santai dan berfoto ria.

11. Tugu Becak

A photo by Google : Rahmat Sjn

Alamat: Jl. Merdeka, Dwikora, Kec. Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara . Tugu Becak merupakan salah satu icon Kota Pematangsiantar.

12. Masjid Raya Pematangsiantar

A photo by Ig : @ridwan.batubara_

Alamat : Jl. Masjid No.2, Timbang Galung, Kec. Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara

13. Ramayana Pematangsiantar

A photo by google : Story IWill

Alamat : Jl. Lintas Tengah Sumatera Jl. Pahlawan, Pahlawan, Kec. Siantar Tim., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Ramayana merupakan Mall terbesar yang terdapat di Kota Pematangsiantar.

14. Kolam Renang Tirta Wira Yudha

A photo by google : Tahan Ingot

Alamat : Setia Negara, Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara

Inilah 14 Tempat wisata yang Wajib Kamu kunjungi saat berada di kota Pematangsiantar. Saran saya, untuk kamu yang tidak suka suasana ramai saat akan mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya mengunjunginya di hari kerja atau sebelum jam 10.00 pagi di hari sabtu atau minggu.

3 thoughts on “Daftar Tempat Wisata di Kota Pematangsiantar Terlengkap”

Leave a Comment