5 Sungai Terpanjang di Indonesia

KOMPAS.com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sungai dengan berbagai ukuran baik besar atau kecil. Ada beberapa sungai di Indonesia yang terkenal dengan terpanjangnya dan itu tersebar di sejumlah wilayah. Dilansir dari situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indonesia belum memiliki data jumlah danau dan sungai secara tepat. Data yang tersebar di masyarakat masih belum jelas dan akurat. Pendataan pun akan dilakukan. Berikut sungai terpanjang di Indonesia:

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas yang berada di Provinsi Kalimantan Barat merupakan sungai terpanjang di Indonesia.

Total panjang Sungai Kapuas mencapai 1.143 kilometer. Sungai Kapuas dimulai dari Pegunungan Muller hingga Selat Karimata (Laut China).

Sungai Kapuas melintasi sejumlah daerah. Masyarakat pun menjadikan jalur transportasi di sungai tersebut.  Bahkan daerah-daerah di tepi sungai dijadikan sebagai obyek wisata menyusuri Sungai Kapuas. Banyak daerah di pinggir sungai yang disulap menarik untuk pariwisata.

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam memiliki panjang 920 kilometer dan merupakan sungai terpanjang kedua di Indonesia. Sungai Mahakam berada di Provinsi Kalimantan Timur bermuara di Selat Makasar. Sungai Mahakam banyak melintasi sejumlah wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir.

3. Sungai Barito

Sungai Barito mengalir dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan. Panjang Sungai Barito mencapai 890 kilometer.

Aliran sungai ini akan mengalir dari hulu di Pegunungan Schwaner hingga bermuara di Laut Jawa. Di Sungai Barito terdapat pasar apung yang merupakan pasar tradisional di atas sungai. Masyarakat melakukan transaksi jual beli di atas perahu.  Pasar Apung mampu menarik bagi wisata. Banyak wisatawan yang datang ke Sungai Barito dan ke Pasar Apung. Di sungai tersebut juga hidup habitat ikan. Daerah-daerah di tepi sungai banyak dikembangkan menjadi obyek wisata yang menjadi sumber penghidupan warga sekitar.

4. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan mengalir hingga Jambi.  Sungai ini mengalirkan air dar Gunung Rasan sampai Laut China Selatan. Sungai tersebut memiliki panjang mencapai 800 kilometer. Sebagian area Sungai Batanghari termasuk dalam kawasan Taman Kerinci Seblat. Di sana terdapat pertambangan dan kegiatan eksploitasi hutan. Itu berdampak terhadap perubahan arus sungai, erosi di tepian sungai, pendangkalan atau sendimentasi tinggi. 

 5. Sungai Musi

Sungai Musi memiliki panjang 750 kilometer dan berada di Sumatera Selatan. Sungai tersebut mengalirkan air dari mata air di kawasan Kepahiang (Bengkulu) hingga ke Selat Bangka. Sungai ini membelah Kota Palembang menjadi dua wilayah. Sehingga dibangun Jembatan Ampera yang menghubungkan dua wilayah tersebut. Jempatan Ampera menjadi ikon Kota Palembang dan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Sejak dulu zaman Kerajaan Sriwijaya hingga saat ini Sungai Musi terkenal dengan sarana transportasi utama bagi masyarakat. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Sungai Terpanjang di Indonesia”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/11/210000569/5-sungai-terpanjang-di-indonesia?page=all.
Penulis : Ari Welianto
Editor : Ari Welianto

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

(Sumber: Kompas.com/Hendra Cipta/Andi Hartik/Zakaria Demon Dataon | Editor: I Made Asdhiana/Aprillia Ika/Dony Aprian)

Tinggalkan komentar