Daftar Bandara di Sumatera Utara

Sumatra Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Utara Pulau Sumatera. Provinsi ini beribu kota di kota Medan, dengan luas wilayah 72.981,23 km². Sumatra Utara merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia, setelah provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. (sumber wikipedia).

Antara satu kota dengan kota lainnya di Sumatera Utara memiliki jarak yang cukup jauh. Sumatera Utara juga memiliki banyak tempat wisata yang sangat mengagumkan para pelancong, seperti Danau Toba, Aek Sijornih, Pantai Sorake Nias, dan masih banyak lagi. Tentunya dengan adanya bandara-bandara di beberapa kota Sumatera akan memudahkan jangkauan perjalanan. Berikut daftar bandara yang ada di Sumatera utara :

  1. Bandara Internasional kualanamu – Deli Serdang
FB : Kualanamu International Airport

Bandar Udara Internasional Kualanamu (bahasa InggrisKualanamu International Airport) (IATAKNOICAOWIMM) adalah sebuah Bandar Udara Internasional yang melayani Kota MedanSumatra Utara. Bandara ini terletak di Kabupaten Deli Serdang, 23 km arah timur dari pusat kota Medan.[1] Bandara ini adalah bandara terbesar ketiga di Indonesia (setelah Soekarno–HattaJakarta dan yang baru Bandar Udara Internasional KertajatiMajalengkaJawa Barat.[2] Lokasi bandara ini merupakan bekas areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa yang terletak di Beringin, Deli SerdangSumatra Utara. Pembangunan bandara ini merupakan bagian dari MP3EI, untuk menggantikan Bandar Udara Internasional Polonia yang telah berusia lebih dari 85 tahun. Bandara Kualanamu diharapkan dapat menjadi bandara pangkalan transit internasional untuk kawasan Sumatra dan sekitarnya. Bandara ini mulai beroperasi sejak 25 Juli2013 meskipun ada fasilitas yang belum sepenuhnya selesai dikerjakan.

2. Bandara Internasional Sisingamangaraja XII – Tapanuli Utara 

Credit google : Baywan Andre

Bandar Udara Internasional Sisingamangaraja XII (bahasa Inggris: Sisingamangaraja XII International Airport) (IATA: DTB, ICAO: WIMN), sebelumnya Bandar Udara Internasional Silangit, adalah bandar udara yang terletak di Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Bandar udara ini memiliki ukuran landas pacu 2.400 m x 30 m. Jarak dari pusat kota sekitar 7 km.

Bandara ini diresmikan oleh presiden SBY sejak tahun 2005 untuk mempromosikan dan meningkatkan wisatawan ke Danau Toba dan area Tapanuli lainnya.

Peningkatan fasilitas dan pelayanan yang dilakukan membawa bandara ini menjadi satu-satunya bandara kelas IV yang setara dengan bandara kelas II di Indonesia. Kamu bisa memilih terbang dengan berbagai penerbangan komersial dari berbagai maskapai yakni Garuda, Citilink, Batik Air, Sriwijaya, Wings Air dan Air Asia.

3. Bandara Aek Godang – Tapanuli Selatan

Credit google : Fazry Parlagutan

Jika kamu berkunjung ke wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) maka akses tercepat dari kota Medan adalah dengan terbang ke bandara ini. Kamu dapat mengunjungi Candi Portibi dan berbagai tempat menarik lainnya di kota ini. Bandara Aek Godang adalah bandara kelas III yang terletak di Kota Padangsidempuan.

Pesawat yang mendarat juga merupakan pesawat kecil seperti pesawat baling-baling ATR 72-600 milik Wings Air. Namun kini maskapai Citilink juga telah membuka rute penerbangan di bandara Aek Godang. Pendeknya landasan pacu menyebabkan jumlah penumpang yang dapat diangkut harus lebih sedikit dari kapasitas penumpang di dalam pesawat.

4. Bandara Dr. F.L Tobing – Tapanuli Tengah

Credit google : Indra Aritonang

Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki bandara yang cukup bagus yakni bandara Dr. Ferdinand Lumbantobing. Jika kamu ingin mengunjungi indahnya Kota Sibolga dan tak ingin melalui jalur darat bisa memilih mendarat di bandara ini.

Sejumlah maskapai, yakni Garuda Indonesia, Wings dan Citilink beroperasi melayani berbagai rute penerbangan dengan tujuan Medan, Batam, Jakarta, Gunung Sitoli hingga ke Johor Baru dan Melaka.

5. Bandara Sibisa – Toba Samosir 

Credit google : Don Kardono

Satu lagi bandara yang bisa menjadi pilihanmu saat berkunjung ke Parapat dan Danau Toba adalah melalui bandara Sibisa. Sangat dekat sekali dengan kota Parapat dan hanya berjarak 10 kilometer saja. Kamu bisa terbang dengan Susi Air, private jet dan pesawat sejenis ATR untuk mendarat di bandara perintis ini.

Dalam hal operasional bandara Sibisa akan berbagi peran dengan bandara Sisingamangaraja XII. Bandara Sibisa akan melayani pesawat dengan tipe kecil seperti ATR-72, sebaliknya bandara Sisingamangaraja XII akan melayani pesawat komersil berukuran besar.

6. Bandara Binaka – Gunung Sitoli 

Credit google : harif aulia

Jika kamu memilih pergi berlibur ke pulau Nias untuk melihat tradisi lompat batu, maka kamu bisa mendarat di bandara Binaka. Bandara ini terletak di kecamatan Gunungsitoli, Nias. Melayani penerbangan dengan maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Susi Air dan juga Wings Air dengan rute Medan, Padang, Lasondre Sibolga dan juga Silangit.

Bandara ini terus berbenah dan telah diperluas pada tahun 2014 silam, landasan pacu bandara kini menjadi 2250 m x 30 m, dan juga bisa melayani penerbangan internasional.

7. Bandara Lasondre – Nias Selatan

credit google : Datuk Kalu

Pulau Nias yang menyimpan segudang potensi wisata ternyata tak hanya memiiki satu bandara. Bandara Lasondre adalah bandara pengumpan (spoke) dan terletak di ujung utara Pulau Tanah Masa, Kecamatan Pulau-pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara.

Bandara ini disiapkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya pariwisata dan juga sebagai bandara bantuan saat terjadi bencana alam. Jenis pesawat yang bisa mendarat adalah pesawat kecil serta melayani berbagai maskapai seperti Wings Air, Susi Air, Gatari Air Service, Garuda Indonesia, juga Lion Air.

8. Bandara Abdul Haris Nasution – Bukit Malintang

Bandara Abdul Haris Nasution yang terletak di Desa Sidojadi, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal ini sedang dalam tahap pengerjaan. Rencananya tahun 2021 ini, Bandara yang diambil dari nama pahlawan nasional yang berasal dari Mandailing Natal “Bandara Abdul Haris Nasution” akan beroperasi. Direncanakan Bandara ini memiliki landasan pacu 2.500 meter.

Semoga diberikan kemudahan dalam setiap proses pembangunannya ya guys.

Demikian info mengenai daftar bandara yang ada di Sumatera Utara. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar